Mengatasi Non-Kepatuhan Pasien dalam Sistem Kesehatan Pakistan: Tantangan dan Solusi Efektif

Dalam sistem kesehatan di negara-negara maju, ada istilah yang sering digunakan, yaitu non-compliance atau non-kepatuhan. Istilah ini mengacu pada perilaku pasien yang menunjukkan bahwa mereka tidak mengambil keputusan terbaik untuk kesehatan atau penyakit mereka. Non-kepatuhan dapat mencakup berbagai hal, mulai dari tidak mengikuti instruksi dokter hingga mengabaikan resep obat.

Namun, di Pakistan, istilah ini tidak banyak digunakan. Ada beberapa alasan mengapa kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan pasien atas non-kepatuhan mereka. Pertama, sistem kesehatan kita sendiri belum mencapai tingkat di mana kita bisa sepenuhnya memikul tanggung jawab kepada pasien. Kedua, tingkat pendidikan dan intelektual pasien di Pakistan sering kali tidak memadai untuk memahami apa itu non-kepatuhan dan dampaknya terhadap kesehatan mereka.

Sebagai seorang dokter yang telah menangani ratusan pasien, saya bisa mengatakan bahwa tingkat follow-up di antara pasien saya mencapai sekitar 90-95%. Sangat sedikit dari mereka yang benar-benar berhenti melakukan follow-up. Hal ini mungkin karena saya hampir memaksa pasien saya untuk terus melakukan follow-up. Dari pengalaman saya ini, saya telah mengumpulkan banyak data tentang perilaku respons pasien, dan pola-pola tersebut semakin jelas. Semua informasi ini akan saya bagikan dalam video ini, dan saya akan menjelaskan bagaimana sistem kesehatan melihat non-kepatuhan pasien. Hal-hal kecil yang diabaikan atau tidak diperhatikan oleh pasien dapat membentuk citra negatif dalam pandangan sistem kesehatan dan para dokter.

Pengalaman Saya dengan Pasien di Pakistan

Assalamu'alaikum, saya Dr. Awes dari Expert Cancer Clinic of Lahore. Saat ini saya berbicara dari studio perjalanan saya. Saya berharap dalam episode berikutnya, saya bisa kembali membuat video dari studio saya di rumah atau di klinik. Video ini, dalam kata lain, adalah keluhan saya terhadap pasien, meskipun mungkin aneh bahwa seorang dokter mengeluhkan pasiennya. Biasanya, pasien yang mengeluhkan dokter atau sistem kesehatan. Namun, kali ini, mari kita lihat sisi lain dari cerita ini.

Saya ingin menekankan bahwa non-kepatuhan di antara pasien adalah sesuatu yang sangat saya khawatirkan. Jika pasien benar-benar peduli dengan kesehatan dan kesejahteraan mereka, mereka harus menghindari beberapa hal ini. Yang pertama dan paling umum adalah tidak mengikuti instruksi dasar dari dokter.

1. Mengabaikan Instruksi Dasar dari Dokter

Bagian pertama yang sering diabaikan adalah diet atau pola makan. Sayangnya, sebagian besar dokter di Pakistan tidak fokus pada gaya hidup sehat, apalagi mendiskusikannya dengan pasien. Biasanya, pasien hanya diberikan sebuah diagram atau chart dan diminta untuk mengikutinya tanpa penjelasan lebih lanjut. Namun, karena saya peduli dengan kesehatan pasien saya, saya menghabiskan waktu yang cukup signifikan selama konsultasi untuk membahas hal ini. Sebagian besar konsultasi saya fokus pada perawatan kesehatan, terutama pentingnya olahraga, tidur yang cukup, pola makan sehat, dan manajemen sosial.

Tentu saja, saya memahami bahwa beberapa hal mungkin sulit dilakukan, seperti mengelola stres dan menjaga kehidupan sosial yang sehat. Namun, ada hal-hal yang tidak bisa saya kompromikan, seperti pentingnya olahraga. Jika seorang pasien tidak mau berolahraga, saya segera menganggapnya sebagai pasien dengan peluang rendah untuk sembuh. Saya yakin bahwa tanpa olahraga, penyakit mereka akan semakin parah dari waktu ke waktu.

2. Pola Makan yang Buruk dan Non-Kepatuhan terhadap Instruksi Makanan

Hal lain yang sangat mengecewakan adalah ketika pasien tidak mengikuti instruksi mengenai pola makan. Jika kunjungan pasien saya berlangsung selama 15 menit, sekitar 10 menit dari waktu tersebut saya gunakan untuk membahas pola makan yang lebih baik. Jika kunjungan berlangsung selama 30 menit, saya mungkin menghabiskan 15 hingga 17 menit untuk mendiskusikan bagaimana mereka bisa meningkatkan kesehatan mereka melalui makanan yang tepat.

Salah satu poin utama yang saya tekankan adalah pentingnya makanan utuh (whole foods) dan makanan sehat. Saya juga selalu mengingatkan mereka untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran segar dan protein, seperti telur, ayam, daging sapi, dan ikan. Saya juga menyarankan untuk mengurangi konsumsi roti, dari tiga kali sehari menjadi sekali sehari. Namun, sayangnya, ketika pasien kembali untuk pemeriksaan ulang, banyak dari mereka yang masih makan roti tiga kali sehari.

Dalam gaya hidup abad ke-21, kita tidak bisa terus-menerus makan roti tiga kali sehari. Ini akan menyebabkan resistensi insulin, peningkatan berat badan, dan menjadi penyebab berbagai penyakit. Saya selalu menekankan bahwa kita hanya boleh makan roti atau nasi sekali sehari.

Selain itu, memasukkan buah-buahan ke dalam pola makan pasien adalah tantangan besar lainnya di Pakistan. Tantangan ini hampir sebesar masalah Kashmir, jika dibandingkan dengan tantangan lainnya.

3. Non-Kepatuhan terhadap Pengobatan

Non-kepatuhan terhadap pengobatan adalah masalah serius lainnya. Beberapa pasien mengurangi dosis obat secara sepihak, melewatkan dosis, atau bahkan tidak memulai pengobatan sama sekali. Ada berbagai alasan di balik hal ini, dan ini adalah salah satu sumber frustrasi terbesar bagi saya. Pasien saya yang mungkin membaca ini bisa berbagi pengalaman mereka di kolom komentar. Saya sangat tegas tentang hal ini dan seringkali saya menelepon pasien secara langsung untuk membahas mengapa mereka tidak mengikuti resep yang diberikan.

Dalam sistem kesehatan kami, yang unik adalah bahwa pasien dapat menghubungi kami melalui teks atau panggilan kapan saja untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. Kami selalu menjaga komunikasi dengan pasien selama jam kerja di hari kerja. Jika Anda merasa perlu berhenti atau mengubah obat, alangkah baiknya jika Anda memberi tahu kami agar kami bisa memberikan saran yang tepat.

Tujuan dari sistem komunikasi kami adalah untuk melindungi pasien dari kesalahpahaman atau informasi yang salah yang mungkin mereka dapatkan dari orang lain. Jika seorang pasien berhenti minum obat setelah beberapa waktu, akibatnya adalah bahwa hasil yang kami harapkan dari pengobatan tersebut akan terganggu. Misalnya, jika saya mengharapkan bahwa setelah tiga bulan minum obat tertentu, kadar protein dalam urin akan turun dari 1000 atau 2000 mg menjadi 200 mg, dan itu tidak terjadi, saya akan bingung apakah ini disebabkan oleh obat yang tidak diminum dengan benar atau karena penyakitnya sendiri yang semakin parah.

Oleh karena itu, penting bagi pasien untuk mengikuti instruksi dokter secara logis. Jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang mereka baca atau dengar di tempat lain, mereka sebaiknya berdiskusi dengan dokter mereka.

4. Diskusi dengan Dokter dan Mengatasi Ketidakpastian

Pasien saya sering kali mengajukan pertanyaan, seperti apakah mengonsumsi kuning telur akan meningkatkan kadar kolesterol mereka, atau apakah makan daging sapi akan meningkatkan kolesterol. Saya selalu menjawab dengan logika sederhana bahwa mereka bisa mengonsumsinya dan memeriksa kadar kolesterol mereka setelahnya. Tidak ada masalah besar dalam hal ini.

Jika seorang dokter tidak mau berdiskusi dengan Anda, saya selalu mengatakan bahwa Anda lebih dari sekadar diterima di Expert Cancer Clinic of Lahore. Di sini, kami tidak hanya menyambut pertanyaan Anda, tetapi kami juga menghormati bahwa Anda ingin belajar dan berdiskusi. Hal ini membantu kami memahami budaya dan sistem yang ada dengan lebih baik.

5. Tidak Hadir pada Janji Temu yang Dijadwalkan

Non-kepatuhan besar lainnya adalah ketidakhadiran pada janji temu yang sudah dijadwalkan. Dalam sistem kesehatan lainnya, mungkin pasien bisa datang kapan saja tanpa membuat janji terlebih dahulu. Namun, dalam sistem kami, Anda harus membuat janji terlebih dahulu melalui panggilan atau pesan teks. Oleh karena itu, seluruh proses kami telah diatur dengan baik. Karena alasan ini, saya tidak bisa dibandingkan dengan dokter lain, dan Anda juga tidak bisa membandingkan kami dengan mereka.

Karena masalah non-kepatuhan ini, kami telah mulai meminta pembayaran di muka untuk pasien online. Meskipun saya sebenarnya lebih suka bekerja di Pakistan dengan visi bahwa setiap tukang cukur, tukang sepatu, atau penjahit dibayar setelah bekerja, hal ini juga berlaku untuk layanan kesehatan.

Comments

Popular posts from this blog

Pentingnya Gaya Hidup Sehat dalam Proses Penurunan Berat Badan

Memahami Penyakit Ginjal Kronis: Perspektif Seorang Dokter