Cara Mengatasi Obesitas dan Sindrom Metabolik: Studi Kasus dan Solusi dari Expert Consult Clinic

Minggu lalu, saya menghadapi tugas membuka rekening bank baru untuk Expert Consult Clinic di Lahore. Setelah melalui berbagai upaya, akhirnya rekening tersebut berhasil dibuka. Namun, sesuatu yang jauh lebih signifikan terjadi selama proses ini, yang menurut saya layak untuk dibagikan. Selama menangani formalitas dan berbagai pertemuan terkait pembukaan rekening, saya bertemu dengan seorang pasien yang menderita Sindrom Metabolik Kardiovaskular. Untungnya, saya dapat memperingatkannya tepat waktu, yang berpotensi menyelamatkannya dari komplikasi yang lebih serius.

Pengalaman ini mengingatkan saya pada poin penting yang pernah saya bahas di episode sebelumnya: Ketika seorang pasien datang ke pertemuan kesehatan Anda, Anda tidak boleh mengabaikan mereka. Di episode ini, saya akan menjelaskan bagaimana Anda dapat menjadi penyedia layanan kesehatan yang selalu siap. Begitu Anda memahami sindrom metabolik, Anda akan merasa diri Anda terus-menerus memindai orang di sekitar Anda, membimbing mereka menjauh dari gaya hidup yang tidak sehat, dan mengarahkan mereka menuju kehidupan yang lebih sehat. Ini tentang menyelamatkan jantung, ginjal, dan mata mereka dari kerusakan potensial.

Pendahuluan

Assalamualaikum, saya Dr. Avka dari Expert Consult Clinic di Lahore. Saya berbicara dari kursi nefrologi saya di studio perjalanan. Hari ini, saya ingin membahas kasus yang memberi saya kepuasan luar biasa karena dua alasan utama. Seperti pada kasus-kasus sebelumnya, saya akan mencoba membagikan beberapa wawasan unik dari sistem kesehatan kami. Saya juga akan membahas perilaku tertentu yang mungkin tidak diterima dengan baik di masyarakat kami atau dianggap standar, tetapi merupakan tindakan yang dapat Anda pelajari untuk meningkatkan kehidupan orang lain dan membimbing mereka menuju kesehatan yang lebih baik. Kuncinya adalah melakukan semua ini dengan cara yang sehat dan penuh hormat.

Pertemuan yang Menguntungkan

Jadi, apa yang terjadi minggu lalu? Saya akhirnya memiliki kesempatan untuk membuka rekening bank untuk Expert Consult Clinic di bank terdekat. Selama diskusi dengan berbagai anggota tim, saya menghabiskan beberapa waktu dengan manajer cabang yang membantu kami dengan proses pembukaan rekening. Setelah menyelesaikan semua dokumentasi, manajer memberitahu saya bahwa saya bisa pulang, dan dia akan mengirimkan detail yang diperlukan melalui WhatsApp.

Kemudian malam itu, ketika saya menerima pesan WhatsApp-nya, saya memperhatikan sesuatu yang menarik perhatian saya. Foto profil manajer tersebut adalah gambar seorang pria yang jauh lebih gemuk dibandingkan dengan yang saya lihat sebelumnya. Perbedaan ini mengejutkan saya, tetapi saat itu saya tidak mengatakan apa-apa. Namun, keesokan paginya, ketika saya kembali ke klinik dan beralih ke mode "dokter", saya mengirimkan pesan yang penuh hormat menanyakan siapa sebenarnya gambar di WhatsApp-nya.

Dia menjawab bahwa itu adalah foto dirinya sendiri. Ini adalah momen penting di mana saya harus mendekati topik obesitas dengan hati-hati. Saya tidak menghina atau membuat komentar negatif. Sebaliknya, saya menanyakannya dengan sopan, "Apa yang terjadi? Dulu Anda terlihat sangat menarik, pintar, dan sehat, dan sekarang lihatlah di mana Anda berada." Untungnya, dia tidak tersinggung. Dia merespons dengan hormat, menjelaskan ceritanya.

Memahami Obesitas dan Kesehatan

Manajer tersebut menceritakan bahwa hingga tahun 2018-19, dia dalam keadaan sehat seperti yang terlihat di foto tersebut. Namun, selama pandemi COVID-19, beberapa ketidakteraturan terjadi. Dia harus mengonsumsi steroid, yang menyebabkan peningkatan berat badan yang signifikan. Setelah itu, dia menikah, dan sejak saat itu, kesehatannya menurun. Dia mengakui bahwa dia belum sepenuhnya pulih.

Sebelum membahas kasus lebih lanjut, mari kita bahas obesitas, sebuah kondisi yang belum banyak dieksplorasi di Pakistan. Pertama-tama, saya ingin memperjelas bahwa Anda tidak akan pernah mendengar saya secara langsung mengaitkan resistensi insulin, sindrom metabolik, diabetes, atau kesehatan yang buruk hanya dengan obesitas di video, blog, atau konten saya. Obesitas memang dapat berkontribusi pada penyakit-penyakit ini, tetapi itu tidak berarti setiap orang yang obesitas pasti akan menderita penyakit tersebut, atau bahwa setiap orang yang kurus kebal terhadapnya.

Obesitas jelas merupakan risiko kesehatan, tetapi bukan satu-satunya penentu kesehatan seseorang. Seseorang mungkin kurus dan tetap menderita sindrom metabolik, resistensi insulin, atau diabetes karena berbagai faktor. Kesalahpahaman ini sangat umum di daerah kita, termasuk di kalangan orang Asia, seperti Cina, India, dan Nepal. Di populasi kami, hubungan antara BMI, obesitas, sindrom metabolik, dan resistensi insulin berbeda dari populasi Barat. Misalnya, bahkan sedikit peningkatan lemak perut di daerah kami bisa menunjukkan masalah hati yang signifikan atau munculnya resistensi insulin.

Ada kesalahpahaman umum bahwa jika seseorang kurus, mereka kurang berisiko mengembangkan diabetes atau resistensi insulin. Ini sama sekali tidak benar. Anda bisa memiliki gaya hidup yang tidak sehat, tampak kurus dan pintar, dan tetap berisiko mengalami resistensi insulin, sindrom metabolik, diabetes, dan penyakit ginjal tanpa menyadarinya. Ini adalah hal yang harus Anda ingat.

Menangani Obesitas dengan Hormat

Sekarang, mari kita bicarakan cara menangani obesitas. Obesitas jelas merupakan kondisi kesehatan dan harus dihindari. Terlepas dari jenis kelamin Anda, apakah Anda pria, wanita, muda, atau tua, berat badan ekstra tidak memiliki tempat dalam kehidupan yang sehat. Sangat penting untuk menghilangkannya secepat mungkin dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama dengan cara yang penuh hormat.

Obesitas bukan hanya kondisi kesehatan; itu juga merupakan stigma. Namun, berbicara tentang obesitas adalah stigma yang bahkan lebih besar, terutama di masyarakat kita di mana negativitas dan ketidakpercayaan merajalela. Anda tidak bisa dengan nyaman menyebut seseorang obesitas, bahkan dengan cara yang hormat, tanpa mereka merasa tersinggung. Cobalah menyebut ibu, ayah, saudara, atau pasangan Anda obesitas, dan Anda akan melihat reaksi dalam dua menit. Bahkan jika Anda mendekati topik ini dengan positif, mencoba memberi tahu mereka bahwa berat badan ekstra ini tidak sehat dan mempengaruhi jantung, ginjal, dan otak mereka, mereka kemungkinan akan merasa negatif.

Di masa depan, kami akan mengembangkan topik ini lebih lanjut dan mengeksplorasinya dengan lebih rinci. Untuk saat ini, mari kita kembali ke kasusnya. Manajer tersebut menerima bahwa dia sedang menuju arah yang salah. Dia menjadwalkan janji temu dengan kami dan melakukan diskusi panjang saat dia datang.

Kasus yang Dibahas

Kecurigaan saya benar. Manajer tersebut sudah mencapai batas tertentu dari sindrom metabolik. Ketika kami memeriksa tekanan darahnya, hasilnya 140/90, padahal pada usianya (30-an), seharusnya berada di sekitar 120/80. Gula darah puasa juga tinggi, berada dalam rentang pra-diabetes. Ketika kami mengukur berat badannya, hasilnya 202 kilo, yang jelas lebih dari yang sesuai dengan tinggi badannya.

Saya membimbingnya tentang dasar-dasar gaya hidup sehat. Ketika dia datang kepada kami, dia tidak memiliki rutinitas olahraga sebagai seorang bankir, dietnya tidak sehat, terkadang makan, terkadang melewatkan makanan, dan makan di luar tiga hingga empat kali seminggu. Dia menyebutkan bahwa dia sebenarnya lebih banyak tidur daripada kurang tidur karena dia merasa lelah sepanjang waktu. Setelah pulang dari bank, dia akan berbaring, dan kemudian sulit untuk bangun. Dia akan menonton TV atau makan sesuatu tanpa melakukan aktivitas yang berarti. Dia terjebak dalam pekerjaan 9 hingga 5-nya, dan ini menjadi rutinitas hariannya. Sumber stres utamanya juga adalah anggota keluarga yang sakit yang harus dia rawat, yang menambah stresnya.

Anda bisa melihat bahwa ini adalah contoh klasik dari gaya hidup yang bisa menyebabkan resistensi insulin, sindrom metabolik, dan kesehatan yang buruk secara keseluruhan. Dia memiliki semua yang bisa salah dalam hal kesehatan, kecuali satu faktor yang tidak dapat dimodifikasi—stres karena sakitnya anggota keluarga. Namun, faktor-faktor yang dapat dimodifikasi—olahraga, tidur, diet—semuanya berada di luar kendali.

Kami merekomendasikan beberapa tes laboratorium dasar, yang akan saya bagikan dengan Anda. Hasil umum menunjukkan bahwa jumlah selnya normal, dan fungsi ginjalnya normal, tetapi fungsi hati terganggu. Enzim hati meningkat. Anda bisa melihat dalam gambar bahwa kadar ALT dan AST-nya berada di angka 80-an dan 90-an.

Kesimpulan

Memahami dan mengelola obesitas, terutama di daerah kita, sangat penting untuk mencegah berbagai masalah metabolik. Ini bukan hanya tentang menurunkan berat badan; ini tentang memahami kompleksitas bagaimana tubuh kita merespons pilihan gaya hidup dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya sebelum masalah menjadi tidak terkendali. Kasus manajer ini adalah pengingat bahwa bahkan perubahan kecil dalam gaya hidup dapat membuat perbedaan yang signifikan. Kami akan terus menjelajahi topik ini dalam diskusi mendatang, menawarkan wawasan lebih lanjut tentang bagaimana menangani masalah ini secara efektif.

Comments

Popular posts from this blog

Pentingnya Gaya Hidup Sehat dalam Proses Penurunan Berat Badan

Memahami Penyakit Ginjal Kronis: Perspektif Seorang Dokter

Mengatasi Non-Kepatuhan Pasien dalam Sistem Kesehatan Pakistan: Tantangan dan Solusi Efektif