Deteksi Dini Penyakit Ginjal: Apa Itu Tahap 1 dan 2 dan Bagaimana Mengelolanya

Banyak pasien yang sering bertanya-tanya apakah kita bisa mendeteksi penyakit ginjal sebelum kondisinya semakin parah. Terkadang, di kolom komentar juga muncul komentar sinis yang mengatakan bahwa jika tahap satu merupakan salah satu tahap penyakit ginjal, maka semua orang di dunia ini pasti mengalami penyakit ginjal. Ini tentu tidak benar. Dalam video kali ini, saya akan menjelaskan apa itu tahap satu dan apa artinya.

Halo, saya Dr. Waiz dari Klinik Konsultasi Eksper, Lahore. Mohon maaf jika video ini mengalami masalah dengan pencahayaan dan audio, tetapi saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kualitas video ini.

Ada tiga jenis orang di dunia ini terkait kesehatan mereka:

  1. Kelompok pertama adalah mereka yang tidak peduli sama sekali dengan kesehatan mereka. Mereka tidak melakukan apa-apa hingga mereka jatuh sakit.
  2. Kelompok kedua adalah mereka yang peduli dengan kesehatan mereka dan melakukan pemeriksaan rutin, tetapi tidak selalu mengikuti saran medis dengan ketat.
  3. Kelompok ketiga adalah mereka yang tidak hanya melakukan pemeriksaan rutin tetapi juga mengambil tindakan segera jika ada masalah kesehatan.

Video kali ini akan membahas pasien dari kelompok kedua, yang juga merupakan teman saya. Saya mendapatkan kesempatan untuk melihat laporan kesehatan mereka, di mana saya menemukan adanya tanda-tanda penyakit ginjal tahap satu dan tahap dua. Saya memberikan rekomendasi yang diperlukan dan mengucapkan terima kasih kepada mereka atas laporan dan riwayat kesehatan yang mereka berikan, yang memungkinkan saya untuk memberikan edukasi ini kepada Anda.

Teman saya mengirimkan laporan laboratorium mereka, yang terutama berfokus pada tes fungsi hati. Untuk video ini, kita akan mulai dengan membahas penyakit ginjal, khususnya mengenai kadar kreatinin. Laporan terbaru teman saya dari tanggal 28 Desember 2023 menunjukkan kadar kreatinin sebesar 1 dan GFR (Glomerular Filtration Rate) sebesar 73, yang secara teknis masuk ke dalam kategori tahap dua. Namun, saya tidak menganggap mereka sebagai pasien penyakit ginjal; mereka hanya berada pada tahap dua dan berisiko mengalami penyakit ginjal.

Sekarang, mari kita lihat tes fungsi hati. Laporan menunjukkan bahwa kadar ALT (Alanine Aminotransferase) adalah 60 dan AST (Aspartate Aminotransferase) adalah 41, yang menunjukkan kemungkinan adanya hati berlemak. Selanjutnya, saya memeriksa profil lipid mereka dan menemukan bahwa kadar kolesterol mereka sedikit di atas normal, tetapi tidak terlalu tinggi. Yang paling penting adalah mempertimbangkan gaya hidup pasien.

Teman saya mengungkapkan bahwa tekanan darah mereka baru-baru ini meningkat menjadi 140 sistolik, sedangkan sebelumnya tidak pernah melebihi 130. Gaya hidup mereka tidak terlalu buruk; mereka tidak merokok dan tidak sering makan makanan luar. Namun, mereka tidak melakukan olahraga secara rutin dan pola makan mereka tidak terlalu sehat. Mereka tidak banyak mengonsumsi makanan sehat seperti salad atau minyak zaitun.

Pada usia 40-41 tahun, tubuh mengalami perubahan metabolik yang signifikan. Kemampuan tubuh untuk memproses makanan dan metabolisme melambat, perubahan hormonal mulai terjadi, dan pembuluh darah mengalami perubahan. Oleh karena itu, gaya hidup yang tidak diubah selama empat hingga lima tahun terakhir mungkin tidak lagi memadai.

Penting bagi teman saya untuk mulai melakukan olahraga secara rutin, mendapatkan tidur yang cukup, dan mengadopsi pola makan yang lebih sehat. Ini termasuk mengurangi makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji, makanan manis, garam, minyak nabati, dan lainnya.

Dengan mengikuti saran ini dan melakukan perubahan gaya hidup secara bertahap, saya yakin bahwa dalam enam bulan hingga satu tahun, hasil laboratorium mereka akan menunjukkan perbaikan. Saya merekomendasikan agar mereka terus memantau kesehatan mereka dengan melakukan tes laboratorium setiap tiga bulan.

Tujuan utama dari video ini adalah untuk membantu Anda memahami perbedaan antara tahap satu dan tahap dua penyakit ginjal. Jika GFR Anda turun di bawah 60, ini menunjukkan bahwa ginjal Anda sudah mengalami kerusakan dan memerlukan perhatian segera. Pada titik ini, hanya 30% fungsi ginjal yang tersisa, dan kerusakan struktural serta perubahan yang tidak dapat diperbaiki sudah terjadi.

Setelah menonton video ini, jika Anda memiliki pertanyaan atau pengalaman terkait topik ini, silakan berbagi di kolom komentar. Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mereka dengan sempurna atau mengatasi masalah kesehatan segera, tetapi ketika Anda mendapatkan sinyal peringatan, penting untuk membuat resolusi dan mengambil langkah-langkah kecil untuk meningkatkan gaya hidup Anda.

Saya menantikan komentar dan opini Anda. Kita akan bertemu di video berikutnya yang akan membahas topik ilmiah lainnya. Meskipun video tersebut mungkin memiliki jumlah penonton yang lebih sedikit, video ini tetap penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan pasien tentang kesehatan. Sampai jumpa di video berikutnya. Allah Hafiz.

Comments

Popular posts from this blog

Pentingnya Gaya Hidup Sehat dalam Proses Penurunan Berat Badan

Memahami Penyakit Ginjal Kronis: Perspektif Seorang Dokter

Mengatasi Non-Kepatuhan Pasien dalam Sistem Kesehatan Pakistan: Tantangan dan Solusi Efektif